Kamis, 24 Januari 2013

Japan berambisi kuasai industri komponen otomotif di Indonesia

Perusahaan Jepang di Indonesia yang tergabung dalam The Jakarta Japan Club bertamu ke Kementerian Perindustrian. Delegasi industri Jepang yang mendatangi Kemenperin diwakili Honda, Mitsubishi, Toyota, dan JFE Steel Corporation. Pemimpin delegasi adalah Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori.

Pertemuan itu membahas kemungkinan bagi masuknya industri komponen otomotif asal Negeri Matahari Terbit itu ke Tanah Air.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Budi Darmadi menyatakan, delegasi Jepang tengah melobi pemerintah untuk mengizinkan tambahan 50 perusahaan komponen membuka pabriknya di Indonesia.

"Tadi Jakarta Club yang datang dari otomotif, mereka akan bawa teman-temannya dari industri komponen, tahun lalu itu 50-an (perusahaan komponen Jepang) ke sini. Tahun ini segitu lagi kayaknya," ujar Budi di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (22/1).

Toyota dan Daihatsu melalui Astra Internasional ingin menambah industri komponen lebih dari 35 perusahaan. Sementara Nissan memasukkan 10 mitra. Honda juga akan melakukan langkah serupa, meski jumlahnya belum ditentukan.

Total nilai investasi untuk pengembangan sektor komponen itu diperkirakan mencapai USD 700 juta. Perusahaan Jepang itu kebanyakan bekerjasama dengan industri perakitan lokal dengan fokus usaha berbeda-beda.

"Kebanyakan joint venture dengan lokal. Satu mobil itu kan ada 10.000 komponen, misalnya bikin sekrup, bumper, pegangan pintu, ada juga yang buat laker," cetusnya.

Budi mengaku tidak khawatir ambisi Jepang bakal mengganggu industri komponen lokal. Sebab, pertumbuhan sektor otomotif amat cepat. Bila tidak dibantu investasi asing seperti yang dilakukan Jepang, justru di masa mendatang komponen harus diimpor.

"Tahun lalu produksi mobil kita mencapai 1,1 juta unit, 2018 berapa coba, 2 juta. Sementara usaha yang mengisi kebutuhan komponen masih sedikit, kalau tidak kita isi nanti bisa-bisa kita harus impor, jadi kalau seperti ini produksi bernilai tambah adanya di Indonesia," paparnya.

Merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar